7 Manfaat Konsumi Probiotik Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat probiotik untuk tubuh
ilustrasi manfaat probiotik (Universitas Airlangga)
ilustrasi manfaat probiotik (Universitas Airlangga)

Probiotik dapat membantu melawan bakteri buruk dan mengembalikan keseimbangan sistem dalam tubuh. Selain itu, dengan adanya probiotik, tubuh akan lebih mudah menyerap nutrisi dari makanan.


Probiotik merupakan mikroorganisme hidup dapat memberi manfaat kesehatan. Probiotik kerap disebut sebagai bakteri baik. 

Probiotik dapat membantu melawan bakteri buruk dan mengembalikan keseimbangan sistem dalam tubuh. Selain itu, dengan adanya probiotik, tubuh akan lebih mudah menyerap nutrisi dari makanan.

Biasanya probiotik ditemukan dalam bentuk suplemen yang aman dikonsumsi oleh orang dewasa, anak-anak, maupun bayi. Namun, selain dari suplemen, probiotik juga bisa diperoleh dari makanan dan minuman, seperti yogurt, teh kombucha, kefir, pondok keju, dan makanan fermentasi (miso, sauerkraut atau kimchi, tempe, tauco, oncom, acar, dan natto).

Probiotik juga sering ditemui pada produk kemasan, yaitu yang mengandung spesies bakteri Bifidobacterium dan Lactobacillus. Dikutip dari laman WebMD, dalam beberapa kondisi umum, probiotik bermanfaat untuk menangani penyakit radang usus atau inflammatory bowel disease (IBD), sindrom iritasi usus, diare menular akibat virus, bakteri, maupun parasit, serta diare akibat antibiotik. 

Banyaknya jenis probiotik, masing-masing memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi probiotik.

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Probiotik dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghambat pertumubhan bakteri usus yang berbahaya. Dalam sebuah studi ditemukan bahwa mengonsumsi probiotik juga dapat meningkatkan sel kekebalan tubuh, seperti sel penghasil IgA, limfosit T dan sel pengikat radikal bebas. 

Manfaatnya yaitu bisa mencegah berbagai penyakit kronis dalam tubuh seperti stroke, diabetes, jantung, pertumbuhan kanker, dan arthritis.

2. Menyehatkan Kulit

Probiotik memberikan dampak positif pada kulit. Pada dasanya kulit memiliki bakteri. 

Oleh karena itu, dengan mengonsumsi probiotik (oral dan topikal) dapat membantu mikrobioma yang ada di kulit. 

3. Meningkatkan Kesehatan Usus

Mengonsumsi sumber probiotik dapat meningkatkan kesehatan usus. Dengan mengonsumsi probiotik, jumlah mikrobioma usus akan meningkat. 

Selain itu, fungsi probiotik juga dapat membantu mengurangi gas dan kembung. Probiotik membantu menjaga bakteri baik di usus untuk bekerja dengan baik. 

Hal ini dikarenakan, jika terjadi ketidakseimbangan bakteri di usus dapat menimbulkan berbagai masalah pencernaan. Studi dalam National Center for Biotechnology and Information menjelaskan ketidakseimbangan bakteri dapat terjadi dan bisa berakibat fatal bagi kesehatan.

Beberapa contoh seseorang yang mengalami ketidakseimbangan bakteri, yaitu mengalami alergi, gangguan pencernaan, berat badan berlebih (obesitas), dan gangguan kesehatan mental.

4. Baik untuk Kesehatan Area Kewanitaan

Probiotik memiliki manfaat dapat menjaga kesehatan organ intim. Tak hanya usus, organ intim juga memiliki bakteri baik yang perlu dijaga keseimbangannya. 

Strain Lactobacillus yang dominan dapat mencegah mikroorganisme berbahaya berkembang. Melansir Harvard Health Publishing, peran probiotik Lactobacillus acidophilus dapat menjaga keseimbangan bakteri pada vagina.

Dengan mengonsumsi probiotik dapat membantu mengatasi masalah kesehatan vagina seperti bakterial vaginosis, infeksi jamur, dan infeksi saluran kemih.

5. Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental

Mengonsumsi probiotik juga dapat bermanfaat bagi kesehatan mental. Sejumlah orang yang mengonsumsi 100 gram yoghurt probiotik per hari, bisa mencegah gangguan mental seperti depresi, kecemasan, dan stres.

Bakteri baik di usus mampu memproduksi neurotransmiter yang menstabilkan suasana hati, seperti serotonin dan dopamin. Oleh karena itu, probiotik dipercaya dapat mengurangi respons stres tubuh dan memengaruhi fungsi kognitif secara positif. 

6. Mengurangi Risiko Infeksi

Probiotik dapat membantu melawan infeksi bakteri dan virus seperti rotavirus, norovirus, dan E. coli. Probiotik juga dapat menghasilkan senyawa-senyawa antimikroba yang membantu membunuh mikroorganisme berbahaya.

Selain itu, probiotik juga dapat menguatkan barrier mukosa di usus, sehingga melindungi tubuh dari infeksi.

7. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Probiotik dapat membantu mencerna makanan dan menyerap nutrisi dengan lebih efisien. Probiotik juga dapat membantu meningkatkan penyerapan nutrisi dalam usus dan memaksimalkan kandungan gizi yang ada pada makanan.