7 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental dengan Mudah

Cara Menjaga Kesehatan Mental
ilustrasi kesehatan mental
ilustrasi kesehatan mental

Kesehatan mental atau mental health adalah kondisi yang berkaitan dengan kejiwaan, psikis, dan emosi seseorang. Menurut Center for Disease Control and Prevention, kesehatan mental mencakup kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial seseorang.


Kesehatan mental merupakan aspek penting dalam kehidupan sehari-hari. Sama halnya dengan kesehatan fisik, kesehatan mental juga penting untuk dijaga. 

Kesehatan mental atau mental health adalah kondisi yang berkaitan dengan kejiwaan, psikis, dan emosi seseorang. Menurut Center for Disease Control and Prevention, kesehatan mental mencakup kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial seseorang.

Kesehatan mental yang baik memungkinkan seseorang untuk menikmati kehidupan sehari-hari, menghargai orang lain, dan menggunakan kemampuan dirinya secara maksimal dalam menghadapi tantangan hidup. Sementara itu, kondisi mental yang terganggu dapat berdampak buruk terhadap emosi, suasana hati, dan kemampuan seseorang dalam berpikir. 

Maka dari itu, penting untuk mulai menjaga kesehatan mental sedari dini. Dengan menjaga kesehatan mental dapat memberikan efek positif seperti perasaan bahagia, membangun ketahanan dan kemampuan untuk menikmati hidup secara keseluruhan.

Beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental.

1. Kelola Stres dengan Baik 

Stres adalah bagian dari kehidupan sehari-hari dan hampir tidak mungkin untuk dihindari. Namun, setiap individu bisa bejalar untuk mengelola stres dengan baik. 

Caranya dengan berjalan santai di luar ruangan, menonton film, mendengarkan lagu, dan menulis kejadian sehari-hari di buku harian. Cara tersebut dapat membuat pikiran lebih tenang, bisa melihat hidup dengan lebih positif, dan meredakan stres.

2. Makan Sehat dan Teratur

Cara lain untuk menjaga kesehatan mental adalah makan makanan yang sehat. Cobalah untuk mengonsumsi buah, sayuran, dan makanan yang kaya asam lemak omega-3 seperti ikan salmon dan kacang-kacangan.

Omega-3 berperan sebagai agen anti-inflamasi atau anti-peradangan yang membantu meringankan depresi. Selain itu, pola makan yang sehat dan bergizi serta minum air mineral dalam jumlah yang cukup dapat meningkatkan energi dan fokus sepanjang hari.

3. Rutin Berolahraga 

Olahraga adalah cara penangkal stres, kecemasan, dan depresi yang ampuh. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, lakukan olahraga setidaknya 30 menit dalam sehari. 

Cobalah untuk melakukan olahraga di luar ruangan. Tak harus pergi ke pusat kebugaran, jalan kaki mengeliling komplek setiap hari juga bisa disebut sebagai olahraga teratur.

Selain itu, paparan sinar matahari bisa membantu tubuh menghasilkan vitamin D, yang meningkatkan serotonin di otak.

4. Meditasi

Meditasi memiliki manfaat besar dalam menjaga kesehatan mental.  Melalui meditasi, seseorang dapat menjadi lebih mudah untuk mengatur dan mengendalikan emosi, sehingga terhindar dari stres dan depresi.

Meditasi dapat dilakukan bersamaan dengan relaksasi latihan pernapasan. Menurut University of California dan Stanford University School of Medicine, kombinasi tersebut dapat mengatur saraf di bagian otak yang disebut sebagai kompleks pre-Botzinger.

Saraf ini berfungsi mengatur sistem pernapasan dan mengirimkan sinyal pada tubuh untuk mengontrol rasa cemas dan stres.

5. Tidur yang Cukup dan Teratur

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur memiliki efek negatif pada suasana hati. Kurang tidur dapat memengaruhi mood dan meningkatkan emosi marah. 

Hal ini dikarenakan, saat seseorang kurang tidur, otak tidak dapat berfungsi secara normal. Akibatnya, reaktivitas amigdala (pusat emosi otak) tidak dapat dikendalikan dengan baik sehingga menyebabkan seseorang rentan stres dan mudah marah.

Cobalah untuk tidur tepat waktu dan teratur setiap hari. Pastikan tidur yang cukup selama tujuh sampai delapan jam per malam.

6. Memberikan Afirmasi Positif untuk Diri Sendiri

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa cara orang berpikir tentang dirinya sendiri dapat menimbulkan efek yang kuat pada kejiwaan. Saat seseorang memandang hidupnya secara negatif, maka yang terjadi adalah efek negatif tersebut akan dirasakannya. 

Sebaliknya, jika membiasakan diri menggunakan kata-kata positif, maka hal itu membuat seseorang lebih optimis dalam menjalani hidpunya. 

7. Menjaga Hubungan Baik dengan Orang Lain

Orang dengan hubungan sosial yang baik terbukti lebih mampu mengatasi stres dan memelihara kesehatan fisik dan mentalnya. Bertemu dan berbicara dengan kerabat, sahabat, atau teman-teman bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental. 

Dengan bertemu orang tersayang, mungkin bisa mendapatkan sudut pandang lain untuk menjaga kesehatan mental di masa-masa sulit.