Rutin Lakukan 5 Jenis Olahraga Ini, Kulit Tetap Cantik dan Awet Muda 

Ilustrasi olahrafa (Pngtree)
Ilustrasi olahrafa (Pngtree)

Latihan fisik juga membantu meningkatkan aliran darah, meningkatkan sirkulasi oksigen dan nutrisi, terutama di dalam aliran darah serta organ vital. Hal tersebut bisa membuat kulit lebih cerah dan tubuh tampak awet muda. 


Olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik, termasuk memperlambat proses penuaan. Aktivitas fisik ini tidak akan mencegah penuaan secara langsung. 

Namun, olahraga dapat membantu mengurangi tanda-tandanya, seperti bintik hitam, keriput, dan kulit kendur. Olahraga dapat melancarkan peredaran darah yang berfungsi untuk mengedarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, termasuk kulit. 

Peredaran darah yang lancar dapat mengurangi risiko timbulnya bintik hitam yang menjadi salah satu pertanda penuaan. Dilansir dari situs Kimshealth, latihan fisik secara umum dapat meningkatkan kesehatan organ-organ tubuh, seperti jantung, paru-paru, dan otot. 

Latihan fisik juga membantu meningkatkan aliran darah, meningkatkan sirkulasi oksigen dan nutrisi, terutama di dalam aliran darah serta organ vital. Hal tersebut bisa membuat kulit lebih cerah dan tubuh tampak awet muda. 

Berikut beberapa referensi jenis olahraga yang bisa dilakukan agar terlihat awet muda. 

1. Lari 

Aktifitas fisik pertama yang bisa dilakukan adalah berlari. Olahraga lari dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dan membuat kulit terlihat lebih cerah dan bersih. 

Berlari dapat melindungi telomer, yaitu lapisan urutan DNA di ujung kromosom yang akan menipis seiring bertambahnya usia. Seseorang yang rutin melakukan olahraga lari tidak akan mudah terserang penyakit, peradangan, dan memperlambat penuaan. 

Selain itu, manfaat lari juga dapat membantu menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol darah, mengurangi rasa lapar, memperbaiki metabolisme tubuh, dan meningkatkan kualitas tidur. 

2. Berenang 

Berenang dapat membantu menyembuhkan nyeri dan radang sendiri. Daya apung air mengurangi tekanan pada persendian sehingga olahraga ini ideal bagi mereka yang mengalami radang sendi atau nyeri sendi di usia tua atau paruh baya. 

Selain itu, sifat ritmik renang mendorong pernapasan dalam, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan kesehatan pernapasan secara keseluruhan. Hal ini menjadikan renang sebagai cara yang snagat baik untuk menua secara perlahan dan tetap awet muda. 

3. Bersepeda 

Penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa bersepeda membuat tubuh lebih efisien. Hal ini dapat membantu menjaga kebugaran dan vitalitas. 

Selain itu, penelitian terbaru menunjukkan bahwa cara kerja mitokondria pesepeda lebih efisien dalam memproduksi energi, yang dapat membantu dalam proses penuaan. Bersepeda secara teratur dapat melindungi kulit dengan cara peningkatan aliran darah yang membawa lebih banyak oksigen ke jaringan kulit dan otot. 

4. Latihan Kekuatan 

Latihan kekuatan atau strength training dapat membantu meningkatkan fungsi dan massa otot. Manfaatnya adalah bisa terhindar dari penurunan massa otot seiring bertambahnya usia. 

Beberapa contoh latihan kekuatan yaitu angkat besi, push-up, dan squat. Olahraga ini berguna untuk menjaga postur tubuh sehingga penampilan tetap tampak awet muda. 

Bagi pemula, mulailah untuk melakukan strength training selama lima sampai 10 menit pada minggu pertama. Pada minggu berikutnya tingkatkan durasi olahraga menjadi 15 sampai 30 menit. 

5. Yoga dan Pilates 

Yoga dan Pilates dapat membantu menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Bahkan, olahraga jenis ini membantu dalam mempertahankan penampilan awet muda. 

Kedua jenis olahraga ini sangat berguna untuk meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan postur tubuh, terutama ketika usia terus bertambah. Yoga dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan mengurangi risiko penyakit jantung. 

Sementara Pilates berfokus pada penguatan otot inti, membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh, membantu memperbaiki postur tubuh dan mengurangi risiko cedera. Selain itu, manfaat lain melakukan olahraga ini yaitu membantu meningkatkan sirkulasi darah sehingga banyak nutrisi yang dikirim ke sel-sel kulit dan menyebar ke seluruh bagian kulit. 

Alhasil, olahraga ini dapat membantu menjaga kulit agar tetap sehat dan awet muda.