Kenali 7 Tanda Gangguan Kepribadian Narsistik yang Haus Pujian

Ilustrasi Narcissistic Personality Disorder (NPD)
Ilustrasi Narcissistic Personality Disorder (NPD)

Di balik kedok kepercayaan diri pada pengidap kepribadian NPD, seringkali mereka memiliki harga diri yang rendah dan sangat bergantung pada validasi dan persetujuan orang lain. Tergantung pada seberapa parah gangguan yang mereka alami. 


Gangguan kepribadian Narcissistic Personality Disorder (NPD) adalah kondisi mental di mana seseorang memiliki perasaan yang berpusat pada kepentingan dirinya sendiri. Orang dengan NPD memiliki kebutuhan yang dalam untuk diperhatikan dan dikagumi, namun kurang bisa berempati terhadap orang lain. 

Mereka juga cenderung sangat reaktif terhadap kritik atau apapun yang mereka anggap sebagai evaluasi negatif terhadap kepribadian atau kinerja mereka. Kondisi ini membuat seseorang memiliki rasa penting diri yang berlebihan dan keterikatan yang mendalam pada fantasi kesuksesan tak terbatas, kekuasaan, kecantikan, atau cinta. 

Di balik kedok kepercayaan diri pada pengidap kepribadian NPD, seringkali mereka memiliki harga diri yang rendah dan sangat bergantung pada validasi dan persetujuan orang lain. Tergantung pada seberapa parah gangguan yang mereka alami. 

NPD bisa sangat mengganggu berbagai aspek kehidupan, mulai dari hubungan pertemanan, percintaan, pekerjaan, sekolah, hingga masalah finansial. Studi menunjukkan bahwa NPD lebih banyak dialami oleh kelompok orang dewasa kulit hitam, wanita hispanik, dewasa muda, mereka yang telah berpisah dengan pasangannya atau janda, dan orang dewasa yang tidak pernah menikah.

Melansir dari berbagai sumber, ada beberapa tanda seseorang mengidap NPD.

1.Haus Akan Pengakuan

Orang dengan kepribadian NPD percaya bahwa pandangan mereka lebih baik dari orang lain. Mereka ingin orang lain menghargai dan mempercayai pandangan tersebut.

Oleh karena itu, dapat dikatakan orang dengan NPD sangat haus terhadap pengakuan orang lain. 

2.Menilai Diri Sendiri Secara Berlebihan

Ciri NPD lainnya adalah melebih-lebihkan pencapaian dan bakat yang mereka miliki. Orang dengan NPD merasa bahwa dirinya adalah individu yang unik dan berhak mendapat perlakuan istimewa dari orang lain.

3.Kebutuhan Konstan Akan Perhatian dan Pujian 

Individu dengan NPD sangat membutuhkan pujian dan perhatian dari orang yang ada di sekitar mereka. Berbagai hal mereka lakukan untuk mendapat validasi dan pujian atas pencapaian atau kualitas yang mereka miliki. 

4.Kurang Empati 

Sikap empati seringkali kurang berkembang pada orang dengan kondisi mental seperti ini. Secara konsisten, mereka akan mengabaikan kebutuhan orang lain dan cenderung tidak peduli atau sulit memahami perasaan orang lain atau fokus dominannya hanya pada dirinya sendiri.

Orang dengan NPD dapat menjadi antagonis terhadap orang lain karena kurangnya empati ini. 

5.Sulit Menerima Kritikan

Sulit menerima kritik adalah salah satu karakteristik dari mereka dengan NPD. Mereka berjuang untuk menerima apa pun yang mereka anggap sebagai kritik karena dapat merusak harga diri mereka.

6.Iri Hati

Meski terlihat percaya diri, pengidap kepribadian narsistik ternyata mudah sekali iri dengan orang lain yang menurut mereka statusnya lebih tinggi. Mereka tidak bisa menerima bahwa orang lain lebih sukses atau lebih dihargai daripada mereka. 

7.Memanfaatkan Orang Lain

Pengidap NPD tidak segan untuk mengeksploitasi atau memanfaatkan orang lain demi kepentingan dirinya sendiri. Mereka mungkin akan memanipulasi dan mengambil keuntungan dari orang lain demi kepuasan diri dan ambisi pribadi mereka.