Isi Akhir Pekan dengan Mengunjungi 5 Hidden Gems di Yogyakarta

Akhir pekan saatnya berwisata, tak terkecuali di Yogyakarta. Namun, tidak dipungkiri tempat wisata yang sudah umum didatangi kurang menantang untuk dikunjungi.
Goa Jomblang (goa-jomblang.com)
Goa Jomblang (goa-jomblang.com)

Akhir pekan saatnya berwisata, tak terkecuali di Yogyakarta. Namun, tidak dipungkiri tempat wisata yang sudah umum didatangi kurang menantang untuk dikunjungi.


Tempat wisata yang disebut hidden gems pun menjadi pilihan wisatawan masa kini. Berikut adalah rekomendasi tempat wisata tersembunyi atau hidden gems di Yogyakarta yang cocok untuk berakhir pekan.

  1. Goa Jomblang

Goa Jomblang adalah salah satu tempat yang paling menakjubkan di Yogyakarta. Terletak di Gunung Kidul, goa ini menawarkan pengalaman petualangan yang tak terlupakan. Anda akan turun ke dalam goa yang dalamnya mencapai 80 meter dengan menggunakan peralatan speleologi. Di dalam, Anda akan menjumpai hutan pinus yang tumbuh subur dan sinar matahari yang masuk melalui celah goa. Pemandangan ini menciptakan atmosfer yang magis dan penuh keajaiban.

  1. Pantai Timang

Pantai Timang adalah destinasi yang sesuai bagi pencari petualangan yang ingin menghabiskan waktu akhir pekan di luar ruangan. Pantai ini terkenal dengan jembatan gantung yang menghubungkan daratan dengan pulau kecil di tengah laut. Anda bisa mencoba menyeberang menggunakan gantungan kereta api tradisional yang dioperasikan oleh warga setempat. Selain itu, Anda dapat menikmati pemandangan pantai yang indah dan mencoba makanan laut segar di sekitar area tersebut.

  1. Hutan Pinus Asri

Hutan Pinus Asri adalah tempat yang sempurna untuk melarikan diri dari kebisingan kota. Terletak di Kabupaten Bantul, hutan ini menawarkan suasana yang damai dan asri. Anda bisa berjalan-jalan di antara pepohonan pinus yang tinggi sambil menikmati udara segar dan pemandangan yang menenangkan. Hutan Pinus Asri juga menjadi latar yang indah untuk berbagai kegiatan fotografi.

  1. Taman Sari Water Castle

Taman Sari adalah situs sejarah yang terletak di dalam kompleks Kraton Yogyakarta. Tempat ini dulu digunakan sebagai tempat rekreasi dan pemandian bagi keluarga kerajaan. Anda dapat menjelajahi kompleks ini yang terdiri dari bangunan bersejarah, sumur, dan kolam-kolam indah. Taman Sari juga menawarkan keindahan arsitektur dan sejarah yang menarik.

  1. Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung adalah tempat yang sempurna untuk menikmati matahari terbenam spektakuler. Terletak di daerah Bantul, bukit ini menawarkan pemandangan lembah yang hijau dan pegunungan yang memukau. Saat matahari terbenam, Anda dapat menikmati panorama yang menakjubkan dan mengabadikannya dalam foto-foto indah. Tempat ini juga cocok untuk berpiknik dan bersantai.