3 Fakta Menarik Sheynnis Palacios, Pemenang Miss Universe 2023 Asal Nikaragua 

Sheynnis Palacios (Facebook)
Sheynnis Palacios (Facebook)

Kemenangan ini membuat Sheynnis Palacios mencetak sejarah dengan menjadi perempuan Nikaragua pertama yang berhasil memenangkan ajang Miss Universe.


Grand final Miss Universe 2023 telah digelar pada Sabtu (18/11/2023) di San Salvador, El Salvador. Kompetisi Miss Universe ke-72 ini dimenangkan oleh Sheynnis Palacios, perwakilan dari Nikaragua. 

Sementara itu, posisi runner-up pertama dimenangkan oleh Anntonia Posild, perwakilan dari Thailand dan posisi runner-up kedua diraih oleh Moraya Wilson, perwakilan dari Australia. Dalam kompetisi tersebut, Sheynnis berhasil mengalahkan 83 kontestan lainnya dari seluruh dunia. 

Kemenangan ini membuat Sheynnis Palacios mencetak sejarah dengan menjadi perempuan Nikaragua pertama yang berhasil memenangkan ajang Miss Universe. Berikut fakta menarik Sheynnis Palacios, Miss Universe 2023 dari Nikaragua: 

1. Presenter dan Multilingual 

Sheynnis Palacios lahir pada 30 Mei 2000 di Managua, Nikaragua. Selain memiliki paras cantik dengan tinggi 180 cm, ia juga ahli dalam bahasa. 

Sheynnis berbicara tiga bahasa, termasuk Spanyol, Portugis, dan Inggris. Sheynnis juga memiliki gelar pendidikan di bidang komunikasi massa, yang didapatkan dari Universidad Centroamericana, Nikaragua. 

Saat ini, ia berprofesi sebagai presenter televisi dan model. Sheynnis juga aktif dalam memproduksi dan mengedit konten video. 

2. Aktivis Kesehatan Mental 

Pemenang Miss Universe 2023 ini, merupakan seorang aktivis kesehatan mental. Ia adalah seorang produser audiovisual yang telah menyuarakan isu-isu kesehatan mental dan telah mengerjakan proyek-proyek seperti “Understand Your Mind” untuk mengadvokasi perempuan yang menghadapi tantangan kesehatan mental. 

Syennis memilih untuk fokus pada kesehatan mental karena pengalamannya sendiri yang bergelut dengan kecemasan. Ia juga telah membuktikan kepedulian sosial serta advokasi yang tinggi untuk mengatasi masalah kesehatan mental. 

3. Berprestasi di Beauty Pageant 

Wanita cantik asal Nikaragua ini telah banyak memiliki pengalaman di bidang beauty pageant atau kontes kecantikan. Ketertarikannya di bidang kecantikan telah bertumbuh sejak ia masih bersekolah di La Salle Managua Pedagogical Institute, tempat ia memenangkan kontes Miss Lasallista. 

Pada usia 17 tahun, ia sudah mulai mewakili Nikaragua dalam ajang Miss Teen Universe pada 2017 dan berakhir di posisi 10 besar. Namun, sebelumnya ia telah menyandang gelas Miss Teen Nikaragua 2016. 

Pada 2020, Sheynnis kembali memenangkan penghargaan lain yaitu Miss World Nikaragua yang diselenggarakan pada 16 Mei 2020. Lalu, Sheynnis kembali mengikuti kompetisi lagi dengan mewakili negaranya di kontes Miss World ke-70 pada 2022. 

Dalam kontes ini ia berhasil terpilih sebagai salah satu dari 40 semifinalis dari 96 peserta.